Thursday, November 17, 2011

This is it..


Another what-a-day expression that I have today! Hari ini so many stories that I can share to you guys..
Mulai dari pagi-pagi ceria! Dimana korban siksaanku tercinta, Anitongg akhirnya masuk kantor! *HUG* Kangenn.. Langsung deh hari itu Anita abis sama gw *fufufu..*. Ditambah lagi dengan kehadiran banyak cemilan dan segala yang manis-manis dari Lina dan Novita, yang ternyata ehh ternyata berulang tahun!!

OMG!!! Sumpah gw dan teman-teman yang lain ga bisa mendeskripsikan dengan kata-kata ekspresi kita semua saat itu. Antara takjub, excited, terkejut, ternganga, terharu, termangu, terperanjat, sampe terbujur kaku.. Gw, Lina, Maya, Novita BUYAARRRR semuaaa.. ngakak kenceng banget ga berenti, apalagi Lina tuh.. Udah ga tau lagi deh berapa kali ketawa sambil lompat, nengok belakang, kanan, kiri, sampe nunduk-nunduk. Sedangkan Novita, the bday girl? Hanya tersenyum manis saja, sambil sesekali tertawa kecil *SINGGGG.. beda banget ya attitude-nya.. Kliatan mana yang blingsatan nan pecicilan sama engga..*

Selusin donat yang extraordinary *karena jenisnya beda sama donat biasa*, kue tart kecil, dan cake puding 2 kotak lengkap dengan vla sudah dibawain sama Novita. Ckckck.. anak yang satu ini diam-diam merayap, baik bangett. Udah mau sampe segitunya bawain makanan banyak bener. Dia sudah sangat mengerti akan napsu makan kita yang sudah tak terdefinisi *nyengir*.

Tradisi di kantor OR *mungkin beberapa ex personil OR tau* kalo yang berulang tahun hari itu pasti dapet special cake, yang dipersembahkan atas nama seluruh personil OpenRice.com. Tapi tetep, subtitle yang jalan dibawah cake mah tulisannya: “FULLY SPONSORED BY SHERLY BAHARI, alias sang Mamih. Kita sih personil tugasnya cuma ngeramein, jadi pesorak gembira, cheer leader, nyalain lilin, nyanyi, teriak-teriak, haha-hihi, foto-foto. Pas potong kue? Balik lagi itu kita serahkan ke si Mamih. Gw sih ngomongnya,” Ibu kan paling jago kalo urusan potong kue.. paling rapi, paling ahli. Jadi, pisau ini memang diciptakan untuk Ibu. Silahkan Bu, bisa dimulai..” Dihiasi dengan tampang-tampang anak OR yang nungguin itu kue dibagi dan tinggal LEPP!!

Wuiiii.. Setelah ritual ulang tahun selesai dijaankan, satu per satu personil udah mulai bubar karena waktunya bubar kantor, termasuk Novita yang udah dijemput. Tersisa gw, Maya, dan Lina. Maya sama Lina lagi pada asik ketawa ketiwi, sedangkan gw mojok di meja Diska (mantan HRD).

Telepon bunyi.. Maya angkat.
“Buat lo nih, Ngel.. Katanya dari Calista.”
“Oh iya, May. Itu cici gw. Halo? Ya, kenapa?”

Pembicaraan pun dimulai. Cici gw mulai nanyain tentang kabar yang gw berikan tadi sore. Yap.. Panggilan untuk mengikuti psikotest di salah satu perusahaan besar yang pernah gw dambakan.

Gw memang pernah apply di kantor itu, tapi udah entah berapa abad yang lalu. Bahkan sebelum gw apply di OR. Sekarang baru gw dapet panggilan untuk psikotest. Langsung lah kabar ini gw share ke beberapa temen gw yang tau soal perusahaan ini by bbm, phone, sampe ngomong langsung. Memang udah banyak cerita yang gw denger soal perusahaan ini. Katanya begini, ni, ni, ni.. begitu, tu, tu, tu.. Tapi, terlepas dari semua asumsi, gunjingan, gosip, serta fakta tentang perusahaan ini, semua pendapat isinya sama,” Coba aja ngel dateng. Kesempatan ga datang dua kali. Kapan lagi dipanggil perusahaan itu..”

Mulai pelan-pelan mata gw sayu, senyum gw datar, muka kusam, kaki lunglai, napas tersengal-sengal. Pikiran mulai deh jalan, lari, muter-muter, melayang mikirin,” Gimana ini?? Apa yang harus gw lakukan? Jumat dateng apa engga?”

Sepanjang perjalanan pulang, olahraga, kasih makan Duffy, boker, mandi kepikiran terus apa yang harus gw lakukan. Apa iya gw harus coba? Apa iya ini kesempatan yang dulu tertunda? Apa iya sekarang saatnya gw meninggalkan OR? Tapi, apa bener ini panggilan yang menjanjikan? Apa bener sekarang waktunya gw untuk melompat pindah ke lingkaran yang baru? Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang masih betah nongkrong minum kopi sambil makan pisang goreng di pikiran gw..

Mulai deh sisi galau gw keluar.. dan kalo udah mulai kepikiran nan galau, muncul juga si stress *JENGG.. JENGG..*
You can call me melankolis, dramatis, sensitis *mulai ngarang, maksudnya sensitif*... apatis, praktis, cuplis, kue pukis, or whatever.. Gw paling puyeng deh kalo soal taking decision. Serius.. Gw bisa bimbang guling-guling buat mikirin langkah ini udah yang paling bener atau belum.

Apalagi soal ini.. It’s about.. Leaving OpenRice.com..

Gw yakin pasti beberapa dari lo mungkin mikir,” Ya elahh.. Baru juga dipanggil psikotest doang kali ngel. Belom tentu juga lo diterima. Belom tahap interview sampe nego gaji. Pede amat sih lo..”
Entah gw yang mikirnya keribetan, kejauhan, kepanjangan, kelebaran, ataupun kepinggiran. Tapi memang gw mikir banyak kemungkinan..

  1. Udah bolos hari Jumat, ga diterima juga sama si perusahaan
  2. Psikotest blablabla.. Let say gw diterima sampe nego gaji, dan gw deal. Is it the right way and time to leave my beloved OR?
  3. Nego gaji dan gw tolak. Is it the best decision that I take? Bakalan ada berapa kepala tuh yang bilang gw bodoh untuk nolak kerja disana.

Dari 3 kemungkinan diatas itulah yang mendorong kuat gw untuk menulis blog ini. Lagi asik-asik nulis blog, cici gw panggil,” Ngel.. Ada telpon dari Tepen..”

Ga mood ngobrol, itulah kata-kata yang gw sampein ke cowo gw. Jelas cowo gw heran, salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang paling doyan nyerocos ini bisa ga mood ngobrol. Diskusi pun kembali dimulai dan kali ini terasa berbeda karena tanpa sadar air mata mulai perlahan-lahan turun.. Cowo gw pun dengan sabar mulai mengadakan sesi tanya jawab setelah gw ceritain semua kebimbangan gw. Sedikit demi sedikit, cowo gw kumpulin plus minus alasan gw pindah perusahaan dan alasan gw stay di OR.

Singkat cerita, cowo gw udah nangkep inti kebimbangan gw. Dia mulai menanamkan logika disini. Dia bilang untuk hal-hal seperti ini ga bisa tuh lebih mengandalkan feeling ataupun intuisi, karena semuanya itu sifatnya abstrak dan ga pasti. Sedangkan kita sekarang lagi bahas karir, which is one of important thing in your life yang sifatnya realistis. Cowo gw minta gw untuk berpikir beberapa tahun ke depan apa yang akan terjadi apabila gw pindah atau gw tetep stay. Kembali dia mengajukan pertanyaan, dimana semuanya itu cowo gw gunain untuk menolong gw ambil keputusan.

Menuju akhir diskusi, gw serasa diinjek.. *kalo ditampar udah biasa*. Intinya cowo gw menyampaikan what exactly how I feel about this..

“Hati lo masih di OR, ngel. Untuk sekarang ya. Lo merasa masih ingin belajar, melakukan, dan mencapai sesuatu disana. Lo masih merasa bisa melakukan sesuatu disana, terlepas dari suasana dan orang-orangnya ya karena balik lagi itu soal feeling. Semua orang bilang lo untuk coba test. Yaa.. kalo coba-coba sih memang gampang tapi pikirin untuk 2-3 tahun ke depannya. Lo pindah dapet jabatan ‘ina’ dengan pengalaman 6 bulan. Itu mah ga ada apa-apanya. Sekarang pengalaman itu yang dihitung minimal 2-3 tahun. Kalo lo pindah sekarang, ya sama aja lo seakan-akan mulai dari 0 lagi. Beda kan ceritanya kalo lo ada pengalaman lebih lama dengan background lo sudah memberikan kontribusi, mencapai sesuatu di perusahaan tersebut, dan memang muncul keinginan yang menyebutkan bahwa sudah waktunya untuk gw move mencari yang lebih baik. Tentunya jabatan yang bisa diraih lebih tinggi dari yang ditawarin sekarang. Jangan heran kalo banyak orang kasih advice ke lo untuk coba, karena memang latar belakang dari nama perusahaan dan jenjang karir ke depannya. Tapii.. mereka ga nanya kan gimana lo di OR?” *PLAKKK..!! ehh.. JEKKK..!!*

Kalimat terakhir lah (minus plakk jekk.. ) yang buat gw sadar dan pelan-pelan mulai merasa tenang. Cowo gw minta gw untuk pikir baik-baik.
Mempertimbangkan segala aktivitas, strategi marketing, next campaign, promotion and branding, traffic, dan segala future planning yang Mamih pernah bahas sama-sama dalam satu tim. Perkembangan yang perlahan-lahan, tapi tetep segala pikiran, usaha, dan doa terus dijalankan.

Terlepas dari itu semua, I have to believe what I take. Like what my mate told me, “Yakinlah sama keputusan yang lo ambil. Kalo orang-orang pada nanyain, bilang apa yang lo sampein ke gw...”

Gw masih melihat sesuatu disini..
Gw yakin ada perkembangan dan kesuksesan disini..
Dan gw mau ikut andil di dalamnya..
I will leave when there is time to leave..
But, if I feel this is not, then..

It’s time for me to stay..
For good.. For the best...



*Notes: Thank you so much, Richele Stephen.. Yunomisowellllll

0 comments:

Post a Comment

 

Sketch of Mine, Just Simple Notes of Quirky Life.. Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting