Sunday, July 1, 2012

Sengsara Membawa Nikmat!

Mengulang pekerjaan yang sama itu namanya kurang kerjaan. Ini nih pelajaran yang gw petik saat Jumat kemarin ketika istirahat kantor: KETELITIAN.

Jumat kemarin ( June 29, 2012) gw memang sudah merencanakan untuk ngurusin kartu ATM gw yang udah balik dari si maling. Unblock kartu ATM yang diblokir. Ditemani Linawati, kita pun capcoes ke gedung deket kantor, yaitu Wisma Asia. Kebetulan Linawati juga ada "perkara hati" sama saya. Uhuyyyy.. Hahaha.

Karena emang dasar gw orangnya mendekati orang baik dan mau repot, gw pun sekalian melakukan transaksi setoran tunai yang menyangkut duit kantor. Jadi, sambil nunggu antrian di Customer Service (CS) BCA, gw sama Linawati nyetor duit tuh, Rebesss.. Balik lagi ke tempat duduk antrian CS, ga lama 10 menit kemudian udah langsung dipanggil. Urusan unblock kartu ATM pun beres, kartu udah bisa langsung digunakan kembali. WOHOOO! Tinggal nunggu transferan gajai deyyy..

Nyampe kantor pun santai dan minta tolong sama si Office Boy (OB) untuk serahin slip bukti setoran ke bagian finance. Beresss urusan gw.. Pasang earphone, dengerin lagu jedug-jedug dikit ahh.. Belom ada 5 menit, si OB balik lagi bawa slip setoran," Mba Angel, dipanggil Mas Rizal (finance), katanya mau ada yang diomongin."

Wadohhh.. Feeling gw ga enak nih. Kayanya ada yang ga beres. Langsung gw cari kalkulator, itung-itung.. itunggg-itunggg.. NJRITTTTT!! Kembalian dari bank kurang nyettttssss!! Langsung gw buru-buru ke finance bilang kalo gw bakalan balik lagi ke bank. Haduhhhhhh.. Gini nih kalo otak matematikanya minim.. Udah kaya anak SD aja, abis dpt sesuatu langsung jalan tanpa itung lagi kembalian yang didapet.

Jalan cepet, setengah lari karena waktu sudah menunjukkan Pk 14. 28.. Bentar lagi bank mau tutup nihh. Udah sampe bank, gw mulai inget-inget tadi nyetor sama teller yang manaaaa lagi.. Yang gw inget cuma pake baju putih. Mulai deh cari-cari teller baju putih sambil bayangin mukanya. Tapi makin gw perhatiin, makin ga ada yang mirip satu pun nih. Gw langsung deh ke counter nomor 8," Permisi mba, tadi saya setor uang. Ternyata kembaliannya kurang. Harusnya kembalinya Rp 22.500,- tapi tadi dikasih cuma Rp 2.500,-. Gimana ya mba?"
Si mba teller nomor 8 jawab," Ohh.. Tadi mba transaksinya sama Nanda ya? Orangnya masih lunch break. Ditunggu aja, sebentar lagi juga kembali kok. *ramah + senyum*". 

Setelah berterima kasih, gw pun duduk manis, nongkrong nunggu si mba Nanda itu balik. Beberapa mata mulai memperhatikan gw karena gw cuma duduk. Mulai dari satpam, teller, dan seorang bapak yang ternyata supervisor gitu. Sekitar 15 menit gw nunggu, dateng tuh si mba Nanda!! Nah benerrr tuhh.. Mba Nanda emang yang tadi ngeladenin gw pas nyetor! 

Gw ga bisa langsung samperin dia. Gw harus nunggu lagi sekitar 5 menitan buat dia siap-siap ngeberesin sesuatu di mejanya. Pas papan namanya udah berubah dari "Closed" jadi "Nanda", langsung deh gw buru-buru samperin counternya. Ternyata si bapak supervisor juga ikut samperin ke mejanya mba Nanda. Abis gw ngomong masalah gw, muka mba Nanda jadi muka ga enak gitu.. Dia minta maaf dan ngecek lagi transaksi gw sebelumnya. Dia juga membenarkan kalo dia salah kasih kembalian dan minta maaf (lagi). Jujur gw sih saat itu ga emosi sama sekali karena gw pikir gw nya juga ga teliti itung lagi kembaliannya. Iya-iya doang, cuek, percaya aja. So, kesalahan ini ga sepenuhnya salah si mba Nanda itu.. Sambil nunggu mba Nanda beresin urusannya, si bapak supervisor nanya," Kantornya dimana, Bu?"
Gw jawab," Deket kok, Wisma 77 sini.."
Si bapak ngomong lagi," Yahh.. jadi bolak-balik dong ya? Maaf ya, Bu.."
Gw bilang," Oh.. gak apa-apa kok.."

Setelah mba Nanda menunaikan tugasnya, dikembaliin deh kembalian gw yang bener yaitu Rp 22.500,-!! Sambil senyum-senyum lega, gw ucapin terima kasih dan mba Nanda juga bilang terima kasih dan minta maaf (lagi). Gw sampe bilang gak apa-apa ke dia saking ga enaknya juga ke dia. Langsung deh gw buru-buru mau balik kantor lagi biar urusan cepet selesai. Baru kira-kira 8 langkah gw jalan, ada yang panggil," Bu! Ibu! Bu!" Satpam pun ikut manggil gw, pas gw nengok, bapak supervisor yang tadi dan mba Nanda panggil gw. Balik lagi gw ke counter-nya, takutnya mungkin ada yang ketinggalan atau kesalahan lagi. Ehh.. ga taunya si bapak dan si mba bilang," Ini sebagai permohonan maaf kami.. Silahkan.."

Tas kain yang sisi sampingnya ada lubang buat nongolin kepala anjingnya.. So cute!

Terserah mau bilang gw norak, tapi jujur gw kaget dan ga nyangka bakalan dikasih begituan! Gileee.. ternyata walaupun bolak-balik tapi lumayan juga nih dapet compliment ginian. Hehehe..

Tapi tetep sih gw ga mau mengulang kesalahan yang sama walaupun bisa dapet bonus begini. Cape di gw yang mesti jalan kaki bolak-balik panas-panasan, kasian juga buat si mba Nanda atau teller lainnya. Gw ngebayangin kalo si mba Nanda bisa jadi abis gw balik atau nanti mau selesai jam kerja ditegur sama supervisor, terus poin buat si mba Nanda ini juga berkurang karena ga teliti. Pelajaran juga buat lo semua kalo nyetor duit tapi dengan uang lebih, make sure lo tau berapa kembaliannya. Teller kan manusia juga, ada kalanya dimana mereka skip dan salah ngitung. So, kita sebagai penyetor menurut gw juga punya kewajiban untuk tau dan mengingatkan secara baik-baik kalo memang ada kesalahan. Prinsip saling kan berlaku dimana pun kita berpijak, bukan begitu? =)

0 comments:

Post a Comment

 

Sketch of Mine, Just Simple Notes of Quirky Life.. Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting